Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

Kunjungi Korban Banjir Rob di Karawang, Syaikhu: Pemda Harus Relokasi Warga 

×

Kunjungi Korban Banjir Rob di Karawang, Syaikhu: Pemda Harus Relokasi Warga 

Sebarkan artikel ini
Anggota DPR RI Ahmad Syaikhu saat mengunjungi korban bnjir Rob di Kaupaten Karawang.

KARAWANG- Anggota DPR RI Ahmad Syaikhu mengunjungi korban banjir di Desa Cemara Jaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Sabtu, (6/6), kemarin. Selain memberikan bantuan sembako untuk dapur umum, Politisi PKS itu juga meminta Pemerintah Kabupaten Karawang segera merelokasi warga.

“Ini harus segera relokasinya. Warga sudah sering mengalami banjir rob semacam ini,” ujar Syaikhu.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Anggota Komisi V DPR RI itu berharap Pemkab Karawang cepat mengajukan usulan relokasi tersebut. Nantinya, Syaikhu akan memperjuangkan usulan Rumah Layak Huni tersebut di DPR kepada Kementerian PUPR.

“Ajukan segera. Komisi saya kebetulan bermitra dengan Kementerian PUPR. Insya Allah siap saya perjuangkan,” ungkap Syaikhu.

Dari dialog yang dilakukan dengan masyarakat, sebagian dari mereka sudah bersedia jika direlokasi yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang.

” Sebagian masyarakat sudah bersedia. Pemkab harus segera menindaklanjuti,” harap Syaikhu.

Dari hasil tinjauan di lapangan, Syaikhu melihat rumah-rumah tersebut memang tidak layak. Posisi sebagian rumah langsung berada di bibir pantai.

Selain relokasi, upaya lain yang harus dilakukan adalah dengan membuat pemecah gelombang, sehingga ombak tidak langsung menerjang rumah. Juga dengan menghidupkan hutan mangrove.

Dampak banjir rob ini memang besar. Ada 206 KK dan 489 jiwa yang terdampak, 83 rumah rusak berat, 53 rusak sedang, dan 45 rusak ringan.

Syaikhu mengunjungi warga yang menjadi korban bersama Ketua Fraksi PKS DPRD Karawang Dedi Sudrajat, Anggota Komisi IV DPRD Karawang Maman Suherman, dan Pengurus DPC PKS se-Dapil 3 (Cibuaya, Tirtajaya, Pedes, Pakis dan Tirtajaya), lurah dan aparatur pemerintahan setempat. Dalam kunjungan tersebut, Syaikhu memberikan bantuan sembako untuk keperluan dapur umum.

DPD PKS Kabupaten Karawang sejak awal sudah membuat dapur umum di lokasi pengungsian warga.

“Sampai tadi malam sudah lebih 700 nasi bungkus habis di dapur umum untuk warga terdampak Abrasi (ROB),” ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Karawang Dedi Sudrajat. (bams)

Example 120x600
Politik

“Sebanyak 117.622 suara yang disertai dengan fotocopi KTP warga Kota Bekasi yang harus diserahkan ke kami sebagai bentuk dukungan maju dari jalur perorangan,” jelas Ali saat ditemui di kantornya, Selasa 23 April 2024.

Politik

“Urbanisasi itu ‘kan aktivitas rutin tiap tahun. Dan itu merupakan salah satu hak warga negara Indonesia untuk bisa tinggal dimana pun, salah satunya Kota Bekasi. Kita tidak bisa dan tidak boleh mencegah itu,” ujar Syaifuddaulah kepada awak media, Jumat 19 April 2024.