Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Ibu Negara Tinjau Kali Bahagia dan Sosialisasikan Gerakan Indonesia Bersih

×

Ibu Negara Tinjau Kali Bahagia dan Sosialisasikan Gerakan Indonesia Bersih

Sebarkan artikel ini
Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

BEKASI- Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau langsung Kali Busa atau Kali Bahagia yang terletak di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Senin, 16 September 2019. Dalam kunjungannya itu, Ibu Iriana didampingi oleh sejumlah istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK).

Sekitar pukul 08.00 WIB, Ibu Iriana dan rombongan tiba di Kampung Pulo Timaha. Dalam sambutannya, Ibu Iriana mengajak seluruh masyarakat, utamanya warga yang tinggal di sekitar Kali Bahagia, untuk terus menjaga lingkungan sekitar.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Jadi ini sebetulnya sederhana sekali untuk bagaimana kampung menjadi bersih, sungai menjadi bersih, kali menjadi bersih itu sederhana. Kalau ada sesuatu yang ada di kali, terutama yang plastik, kita bisa mengambil. Jadi jangan sungkan mengambil apapun yang ada di jalan, yang di kampung, ambillah untuk masukkan (ke tempat) sampah. Nanti tidak akan bisa menumpuk kayak di sungai,” kata Ibu Iriana pada Senin (16/09/2019).

Beberapa bulan lalu, Kali Bahagia sempat viral karena tumpukan sampah plastik yang menutupi sungai. Sesuai namanya, menurut Ibu Iriana, Kali Bahagia seharusnya memberikan kebahagiaan kepada warga yang tinggal di sekitarnya.

“Namanya saja sudah bagus ya, Kali Bahagia. Mengapa kita melihat sampai jadi tidak bahagia? Mulailah sekarang kita beri kesadaran pada semuanya, terutama ibu-ibu Posyandu, dan juga bapak tokoh masyarakat, Bapak RW,” imbuhnya.

Usai memberikan sambutan, Ibu Iriana kemudian menekan sirene sebagai simbol peresmian pencanangan Gerakan Indonesia Bersih. OASE KK juga menyerahkan bantuan alat olahraga, alat musik, dan bibit tanaman kepada masyarakat Kecamatan Babelan.

Pada kesempatan itu, Ibu Negara kemudian meninjau langsung pembersihan Kali Bahagia dengan menggunakan ekskavator. Ibu Iriana berharap, sungai tersebut akan bisa kembali bersih sehingga bisa dimanfaatkan warga yang tinggal di perkampungan sekitar sungai.

“Situasi sungai yang ada di Babelan tadi ternyata masih kotor sekali. Berkat kerja sama ibu-ibu, RT/RW, dan lingkungan semua tadi sudah dibersihkan dengan alat ekskavator. Insyaallah nanti bisa bersih semua sepanjang 3 kilometer agar nanti bisa dimanfaatkan yang lainnya. Karena di situ kan banyak perkampungan,” kata Ibu Iriana.

Setelah meninjau langsung pembersihan Kali Bahagia, Ibu Negara dan rombongan menuju Aula RW 30 untuk melakukan sosialisasi Gerakan Indonesia Bersih kepada sejumlah pelajar tingkat SMP dan SMA. Uniknya, Ibu Iriana melakukan sosialisasi melalui kuis berhadiah. Sejumlah pelajar yang beruntung dan bisa menjawab pertanyaan dari Ibu Negara diganjar dengan hadiah sepeda hingga laptop. (bams)

Example 120x600
Metropolitan

“Kegiatan tersebut berlangsung Minggu depan, diharapkan masyarakat Sukatani untuk menghadiri kegiatan MTQ, termasuk gelaran pawai ta’aruf,” ungkapnya usai kegiatan Halal Bihalal di Aula Kantor Kecamatan Sukatani pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Setelah merayakan lebaran bersama keluarga, dan memanfaatkan libur lebaran cukup panjang, ayo kembali semangat bekerja melayani masyarakat. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, selesaikan segala pekerjaan dengan baik dan tetap sesuai dengan ketentuan,” harap Gani Muhamad dikutip bekasiguide.com pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Kebetulan orang terlantar tanpa identitas itu ‘kan awalnya sakit, kemudian kita bawa ke RSUD, dan ternyata meninggal dunia. Sampai meninggal pun identitasnya tidak diketahui, jadi kami urus makamnya sampai selesai karena itu merupakan tugas kami,” ujar Alex dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.

Metropolitan

“Kita menginformasikan kepada seluruh tokoh bahwa dalam waktu dekat mulai 27 April-5 Mei 2024 ya, kita akan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat, tentu ini perlu dukungan semua pihak, agar berjalan sukses dan lancar,” ungkapnya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.