Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Syaikhu : Ditangan Pemuda Kreatif, Tahu Bulat Ciamis Mendunia

×

Syaikhu : Ditangan Pemuda Kreatif, Tahu Bulat Ciamis Mendunia

Sebarkan artikel ini
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu kunjungi pengolahan tahu bulat olahan Kang Dodi di Ciamis, Rabu (28/03).

CIAMIS- Tahu bulat. Ya, sapa yang tak kenal dengan penganan yang satu ini. Kita kerap  menjumpai penjaja tahu bulat menggunakan mobil pickup di daerah Jawa Barat, bahkan di kota lain di pulau Jawa.

Mungkin kita termasuk penikmat tahu bulat lantaran keunikan bentuk dan rasanya. Apalagi anak-anak ketika mendengar teriakan khas dari atas mobil; “tahu bulat… di goreng dadakan, di goreng goreng nyoooi…” mereka segera meminta uang ke ibu bapaknya untuk membeli tahu bulat.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Awalnya saya menganggap biasa saja dengan usaha tahu bulat ini. Tapi saat saya berkunjung ke Ciamis, dan di perkenalkan dengan seorang anak muda pengusaha tahu bulat bernama Dodi di kecamatan Cipaku, Ciamis, barulah saya di buat terkejut. Ternyata omset tahu bulat sangat fantastis. Dan, olahannya setiap hari menghabiskan 2,5 hingga 3 ton kedelai, jika di konversi menjadi tahu bulat bisa mencapai 250 hingga 300 ribu tahu bulat,” ungkap Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu di Ciamis pada Rabu (28/03).

Syaikhu sangat mengapresiasi langkah Dodi dengan usahanya tersebut. Apa yang di lakukan Dodi, kata dia, mampu mengangkat ekonomi warga setempat karena Dodi audah turut mengurangi penganggguran dengan memberikan lapangan pekerjaan.

“Tentu ini luar luar biasa. Dari usaha tahu bulat ini, Kang Dodi mampu mempekerjakan karyawan sebanyak seratus lima puluh orang dari lingkungannya,” kata dia.

Syaikhu berharap, apa yang telah Dodi lakukan akan menjadi motivasi tersendiri bagi kalangan anak muda lainnya, khususnya di Jawa Barat. “Semoga, kedepannya semakin banyak anak muda kreatif yang bisa mengembangkan roda perekonomian Jawa Barat,” tandas dia.

Sementara itu, Dodi mengungkapkan, olahan penganan tahu bulat buatannya tidak hanya untuk konsumsi warga Ciamis saja. Kata dia, kota kota besar di Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta menjadi penyebarluasan usahanya.

“Bahkan, sempat ada pesanan dari luar Jawa, sebut saja dari Medan namun karena keterbatasan transportasi sehingga belum bisa dilayani,” kata dia.

Namun demikian, Dodi mengatakan, untuk memenuhi permintaan peminat tahu bulat olahanya yang berada di luar Jawa, dirinya telah menciptakan tahu bulat kering kemasan.

“Tentu saja warga di luar jawa  jangan berkecil hati karena saat ini sudah tersedia tahu bulat kering kemasan yang bisa lebih awet sehingga bisa dinikmati orang luar Jawa, bahkan penduduk dunia,” tandas dia. (BK)

Example 120x600
Ekbis

“Kami dari pelaku usaha IKM LeDifia Cake & Bakrie mengucapakan terima kasih, suatu kehormatan karena telah mendapatkan kunjungan kerja bapak dan ibu dari Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Kartanegara untuk melakukan studi banding,” ungkap Ira ditempat usahanya di Ruko Sentra Niaga Kalimalang Blok A3 No.10, Jl. Ahmad Yani, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Kamis 16 Mei 2024.

Ekbis

“PLN mampu membangun core kompetensi baru, technical skill baru, sehingga menjadi relevan dan berorientasi ke masa depan. PLN dalam proses ini menjadi perusahaan yang semakin sehat, semakin kokoh. Bukan hanya perusahaan yang ramah lingkungan tetapi juga turut me- maintain pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Darmawan dikutip bekasiguide.com pada Selasa 14 Mei 2024.

Ekbis

Dengan munculnya informasi resmi melalui situs SDPPI dan TKDN, diperkirakan OPPO A60 akan segera diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat, OPPO memberikan perkiraan pada pekan depan. Para pecinta smartphone OPPO di tanah air patut menantikan pengumuman resmi dari OPPO mengenai detail spesifikasi, fitur baru, dan harga perangkat OPPO A60.

Ekbis

“Kami bersyukur dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya bagi anak-anak yatim piatu. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membawa sedikit keceriaan dan menambah semangat mereka untuk bersekolah dan mengejar impian mereka,” kata Nurmalitasari, Koordinator Srikandi PLN UP3 Cikarang dikutip bekasiguide.com pada Selasa 07 Mei 2024.